3 Teknologi Teratas: Serangan Phishing Instagram Di Jaringan Penambangan 5G

By | September 8, 2022

Jakarta – Serangan phishing baru menyasar pengguna Instagram dengan memperkenalkan status centang biru. Kabar tersebut menarik perhatian pembaca pada Jumat (2/9/2022) di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi populer lainnya datang dari Telkomsel dalam kemitraan dengan Freeport untuk memperkenalkan penerapan teknologi 5G untuk penambangan pintar bawah tanah pertama di Asia Tenggara untuk mendukung operasi industri pertambangan Indonesia.

Simak tiga berita terpopuler dari kanal Tekno Liputan6.com di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Waspadai Serangan Phishing Instagram yang Menyalahgunakan Penawaran Centang Biru

Peneliti keamanan di Vade telah menemukan kampanye phishing baru yang menargetkan pengguna Instagram. Di sini, aktor jahat memulai tindakan dengan menghadirkan bendera biru kepada pengguna.

Hashtag biru pada akun media sosial biasanya diberikan kepada akun yang terverifikasi, mulai dari akun milik publik figur, selebriti, atau brand.

Baru-baru ini, sebuah email phishing muncul kepada pengguna yang memberi tahu mereka bahwa Instagram meninjau akun pengguna dan bahwa akun tersebut dianggap tunduk pada centang biru.

Scammers harus mengisi formulir dan mengklaim lencana verifikasi dalam waktu 48 jam.

Kasus kampanye phishing ini diperparah dengan kecerobohan dan antusiasme pengguna ketika dihadapkan pada kesempatan untuk menerima centang biru. Namun, ini hanya penipuan phishing.

Vade, layanan keamanan berbasis email, mengutip Bleeping Computer, Jumat (2/9/2022) bahwa kampanye phishing pertama kali dikirim pada 22 Juli.

Penyebaran email phising juga meningkat beberapa kali lipat. Per 9 Agustus, ada total 1.000 email phishing yang dikirim ke pengguna Instagram.

Telkomsel bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk menerapkan teknologi 5G pada tambang pintar bawah tanah pertama di Asia Tenggara untuk mendukung operasi industri pertambangan di Indonesia.

Baca Juga  Cara Menggunakan Super Chat Dan Super Stickers YouTube Yang Dapat Diposting Penonton Ke Kreator

Teknologi ini mendukung otomatisasi dan remote control untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan di PTFI. Presiden Joko Widodo memulai peluncuran 5G penambangan bawah tanah pintar di Tambajapura, Papua, Kamis lalu.

Acara peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi/Presiden BKPM, Menteri Negara dan Sekretaris Negara.

“Salah satu prioritas Kementerian Badan Usaha Milik Negara adalah mencapai kepemimpinan teknologi,” kata Menteri Negara Bisnis Eric Thohir dalam siaran persnya, Jumat (20/9).

Menurut studi yang dilakukan Deloitt International pada tahun 2021, penambangan 5G dapat meningkatkan produktivitas hingga 25%, mengurangi biaya operasi, terutama biaya pengeboran, hingga 40%, dan menghemat energi hingga 20%.

Penambangan 5G telah diuji dan/atau digunakan di Amerika Serikat, Swedia, Cina, dan Rusia dalam penelitian ini.

“Saya kira hack menggunakan 5G Underground Smart Mining powered by Telkomsel ini bisa digunakan lebih luas di ekosistem industri pertambangan Indonesia,” ujar Eric.

Eric Thohir menambahkan, “Kami akan lebih banyak merealisasikan inovasi baru berbasis teknologi digital di pertambangan sehingga masyarakat dan negara dapat merasakan manfaatnya”.

Aplikasi penambangan pintar 5G Telkomsel, yang didukung oleh Telkomsel Enterprise PTFI, telah mengalami peningkatan infrastruktur, peningkatan jaringan, dan pengembangan platform komputasi seluler.

baca selengkapnya disini

Selain penjualan resmi Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 5G, Samsung Galaxy Buds 2 Pro hadir untuk melengkapi ekosistem Galaxy dengan fitur-fitur menarik seperti audio 360 dan mode ANC.

Salah satu keunggulan Galaxy Buds 2 Pro adalah active noise cancelling atau mode ANC. Fitur ini memungkinkan earbud nirkabel mengurangi kebisingan di sekitar Anda.

Saat menjelaskan keunggulan Galaxy Buds 2 Pro yang digelar di Jakarta, Kamis, 9 Januari 2022, Lo Khing Seng, kepala unit bisnis MX Samsung Electronics Indonesia.

Baca Juga  Mengapa WhatsApp Dan Google Perlu Mendaftar Kominfo?

Namun, fitur ini juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan mood di sekitar pengguna. Seperti generasi sebelumnya, Galaxy Buds 2 Pro juga bisa disetel ke Ambient Sound Mode. Mode ini diaktifkan bila headset nirkabel ini mendeteksi bahwa Anda sedang berbicara.

Lo Khing Seng menjelaskan tentang mode ini, ketika Galaxy Buds 2 Pro mendeteksi suara Anda, perangkat akan secara otomatis beradaptasi dari mode ANC dan mengubah volume perangkat ke bawah untuk meningkatkan suara sekitar.

Itu karena Galaxy Buds 2 Pro menggunakan pembelajaran mesin dengan tiga mikrofon di setiap earbud dan VPU (Voice Pickup Unit) yang dapat meningkatkan kejernihan audio di segala situasi.

baca selengkapnya disini

Baca juga: