Selain Galaxy A14 5G, Berikut Balitteknologikaret Daftar Ponsel Samsung 5G Lainnya Yang Diluncurkan Di Indonesia

By | January 25, 2023

Galaxy A14 5G diperkenalkan awal tahun ini sebagai smartphone 5G terbaru Samsung. Samsung mengklaim bahwa Galaxy A14 5G merupakan smartphone 5G termurah yang pernah dirilisnya.

Sebagai referensi, Samsung memang rajin merilis smartphone 5G selama beberapa tahun terakhir. Selain perangkat premium, kemampuan 5G telah disertakan oleh Samsung di perangkat entry-level hingga mid-range.

Bahkan awal tahun ini, Samsung dipastikan akan memperkenalkan smartphone 5G terbarunya di kategori flagship. Seperti diketahui, perusahaan asal Korea itu akan menghadirkan seri Galaxy S23 pada Februari 2023.

Kehadiran seri Galaxy S23 tentu akan menambah daftar ponsel Samsung 5G di pasar Indonesia. Lalu, apa saja daftar smartphone 5G Samsung yang sudah masuk ke Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, balitteknologikaret.co.id pun merangkumnya dalam situs resmi Samsung Indonesia Rabu (25/1/2023). Namun, sebagai catatan, daftar ini hanya menampilkan ponsel Samsung yang dirilis pada tahun lalu.

Samsung memperkenalkan smartphone terbarunya awal tahun ini, Galaxy A14 5G. Menurut Samsung, Galaxy A14 5G adalah smartphone 5G termurah yang ditawarkan Samsung saat ini.

“Galaxy A14 5G saat ini menjadi smartphone Samsung termurah,” kata SEIN Ilham Indrawan, Senior Manager Product Marketing MX, dalam sesi Q&A virtual bersama Media Crew, Selasa (24/1/2023).

Elham juga mengatakan dengan diluncurkannya Galaxy A14 5G di Indonesia, memenuhi permintaan masyarakat akan smartphone 5G. Karena menurut riset terbaru Samsung, konektivitas menjadi salah satu faktor penting sebelum membeli smartphone.

Elham menjelaskan bahwa dalam studi yang dilakukan oleh Samsung, konektivitas menempati urutan ke-4 dari 5 hal teratas yang dipertimbangkan orang sebelum membeli smartphone.

Bahkan, Elham menyebut konektivitas pada 2020 menempati urutan kesembilan dalam daftar pertimbangan utama sebelum individu membeli smartphone. Namun dalam dua tahun, sistem telah berubah.

Baca Juga  Cara Mengubah Tulisan di Whatsapp

Ia menambahkan, “Pada tahun 2022, ketika gaya hidup digital semakin berkembang, konektivitas akan menjadi pertimbangan nomor 4 sebelum membeli smartphone.”

Persyaratan ini juga didukung oleh cakupan 5G yang diperluas. Menurut catatan terbaru, jaringan 5G telah menjangkau 13 kota di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

“Jadi kami berharap lebih banyak konsumen mencari smartphone 5G di tahun 2023,” ujar Elham.

Selain konektivitas, konsumen juga mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti performa, baterai, kamera, dan harga.

Mempertimbangkan semua poin tersebut, Galaxy A14 5G telah diluncurkan di pasar Indonesia. Pasalnya, smartphone ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 700 yang menjanjikan peningkatan signifikan dibanding pendahulunya.

Samsung bahkan membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan fast charging 15W. Untuk pencitraan, Galaxy A14 5G memiliki kamera belakang lensa utama 50MP built-in.

Sementara dari segi harga, smartphone ini dijual Rp 2 jutaan. Galaxy A14 5G dihargai lebih rendah dari penawarannya di AS, tetapi dengan spesifikasi lebih tinggi dalam hal konfigurasi memori.