Telkomsel Menjadi Jaringan Seluler Tercepat Di Indonesia Versi Ookla

By | March 12, 2023

Jakarta Telkomsel menyabet 3 penghargaan di Ookla Speedtest Awards 2022. Operator tersebut baru-baru ini menyabet semua penghargaan berbarengan dengan Mobile World Congress (MWC) 2023.

Pada Ookla Speedtest Awards 2022, Telkomsel menerima penghargaan dalam tiga kategori: Jaringan Seluler Tercepat, Cakupan Seluler Terbaik, dan Jaringan Seluler Terbaik.

Tes yang dipimpin konsumen yang dilakukan dengan Ookla Speedtest juga memvalidasi Telkomsel sebagai penyedia jaringan dengan tingkat latensi tertinggi (Latensi Jaringan Seluler Terbaik).

Mengutip dari touchnottingham.com, dalam kategori jaringan seluler tercepat dalam laporan Ookla Speedtest Awards 2022 pada Sabtu (3/11/2023), jaringan seluler Telkomsel mendapatkan kecepatan akses broadband tercepat di Indonesia dengan kecepatan rata-rata 27,27 Mbps.

Pada kategori Best Mobile Coverage, Telkomsel menang dengan coverage score 882, dengan sekitar 97,3% pelanggan menggunakan jaringan broadband 4G/LTE.

Atas kinerja di dua kategori tersebut, perusahaan telekomunikasi milik negara itu meraih penghargaan Best Mobile Network.

Dalam laporan yang sama, berdasarkan analisis pengujian yang dilakukan dengan Speedtest Ookla, Telkomsel memperoleh nilai latensi 24 ms, mengukuhkannya sebagai penyedia jaringan dengan latensi tertinggi.

Direktur Pemasaran Telkomsel Derek Heng juga menyampaikan apresiasinya atas penghargaan tersebut.

Derek mengatakan pencapaian ini akan tetap menjadi pendorong inovasi dengan menerapkan teknologi jaringan terkini dan mempercepat penyebaran akses internet broadband.

“Selain memahami kebutuhan pelanggan kami melalui produk dan layanan gaya hidup digital terkemuka yang melebihi harapan mereka,” kata Derek.

Telkomsel juga mengumumkan telah meningkatkan layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE secara bertahap dan signifikan di 504 kota/kabupaten di seluruh Indonesia mulai Maret 2022.

Sementara itu, Telkomsel bekerja sama dengan Ericsson dan Qualcomm Technologies untuk menguji teknologi 5G menggunakan spektrum frekuensi 3,5 GHz dan 26 GHz yang baru. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyetujui penggunaan dua spektrum baru untuk eksperimen.

Baca Juga  YouTube Shorts Memberi Tanda Air Pada Konten Anda Sebelum Mengunggahnya Ke Platform Lain

Ketiga perusahaan akan memulai uji coba akses radio tetap 5G dengan sub-6 band dan jangkauan mmWave yang diperluas yang diperluas ke konektivitas gigabit mil terakhir.

Melalui kerjasama ini, Telkomsel, Ericsson dan Qualcomm mempersiapkan kapasitas jaringan 5G low-latency dengan menggunakan teknologi Ericsson 5G NR-Dual Connect pada dua spektrum di atas.

Kolaborasi baru ini merupakan kelanjutan dari uji coba teknologi extended band 5G yang dilakukan sebelumnya.

Kini, roadmap kolaborasi telah diperluas untuk menghadirkan 5G NR-DC (konektivitas ganda) mandiri, menggabungkan bandwidth 100 MHz pada 3,5 GHz dan 800 MHz pada 26 GHz untuk menghadirkan kapasitas tinggi, latensi rendah, dan throughput hingga 7,37 Gbps.

CEO Telkomsel Hendri Mulia Syam mengatakan bahwa dengan memanfaatkan kemajuan terbaru dalam konektivitas broadband seluler dan penyedia infrastruktur teknologi seperti Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel dapat terus bekerja sama untuk memperluas pengembangan roadmap teknologi berbasis 5G FWA di Indonesia.

Sebelumnya, Telkomsel meluncurkan Orbit MiFi yang memungkinkan pelanggan mengakses internet melalui Wi-Fi dengan menggunakan perangkat mobile internet. Modem ini dilengkapi dengan paket data/paket internet milik MiFi sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Desain MiFi (alias Portable WiFi) yang ringkas memudahkan Anda membawanya ke mana saja. Karena menggunakan jaringan Telkomsel, perangkat dapat digunakan di berbagai lokasi yang telah tersedia Internet 4G Telkomsel.

Orbit MiFi hadir dalam dua varian, Orbit MiFi N1 dan Orbit MiFi N2. Setiap perangkat MiFi dapat terhubung ke hingga 10 perangkat lainnya. Pelanggan dapat menikmati bonus paket data 15GB selama 2 bulan, dikonsumsi sejak aktivasi pertama.

Orbit MiFi N1 dibandrol dengan harga Rp 599.000. Sedangkan Orbit MiFi N2 dibandrol dengan harga Rp 649.000. Pelanggan dapat membeli berbagai jenis paket data Orbit MiFi setelah aktivasi.

Baca Juga  Kelebihan Aplikasi X8 Speeder Untuk Game Higgs Domino

Kuota yang disediakan mobile WiFi ini bervariasi hingga 120GB dengan harga terjangkau mulai Rp 15.000 dan berbagai pilihan masa aktif 3 hari, 7 hari, dan hingga 30 hari.

Orbit MiFi dapat dibeli melalui berbagai saluran penjualan resmi Telkomsel baik online maupun offline. Ada juga penjualan melalui Telkomsel Official, MyOrbit Official Sale dan akun e-commerce Grapari Telkomsel.