Unduh GB WhatsApp, Waspadai Kemungkinan Pencurian Data Pribadi

By | April 1, 2023

WhatsApp GB atau WA Yang bisa disebut GB atau GB WhatsApp sudah cukup lama ramai diperbincangkan di media sosial (medsos). Kemeriahan percakapan ini terlihat dari salah satu tweet dari akun utama @tanyakanrl di bawah ini.

Hati-hati guys, w4 gb cuyyy serem banget. Bisa jadi nomor yang digunakan untuk daftar pinjaman dengan menggunakan/bertemu dengan pengguna gb w4. silakan lanjutkan pic.twitter.com/K7u57XN65r

Menurut diskop.id dalam cuitan tersebut, pokok bahasan utamanya adalah WA GB bisa mencuri dan menyalahgunakan data pribadi pengguna. Melihat Pembahasan Ini Amankah Download WA GB?

WA GB dapat mencuri data pribadi.

Sebelum memutuskan aman download WA GB atau tidak, sebaiknya pahami terlebih dahulu format aplikasinya. wa gb adalah aplikasi yang dimodifikasi atau disalin yang dikembangkan secara ilegal oleh pihak ketiga tanpa izin WhatsApp.

Sebagai aplikasi gabungan, WA GB secara fungsional mirip dengan WhatsApp asli. Yaitu mengirim pesan (chat). WA GB bukanlah aplikasi baru, juga bukan satu-satunya mod WhatsApp (WhatsApp Mod).

Selain WhatsApp GB, ada juga WhatsApp mode lainnya seperti WhatsApp Aero, WhatsApp Yo, WhatsApp Plus, FMWhatsApp dan lainnya. Semua aplikasi WhatsApp Mod ini dikembangkan tanpa izin dari WhatsApp yang ilegal.

GB WhatsApp dan mode WhatsApp lainnya biasanya hanya tersedia untuk ponsel Android. Tapi WA GB tidak bisa ditemukan di Play Store. WA GB biasanya disediakan sebagai file APK yang dapat diunduh melalui situs web pengembangan.

WA GB banyak digunakan oleh pengguna karena dapat menawarkan fitur-fitur unik yang tidak ada di WhatsApp asli, seperti melihat pesan yang dihapus. Eksklusivitas, bagaimanapun, tidak sebanding dengan risiko yang melekat.

Karena keamanan WA GB tidak bisa dijamin. WhatsApp asli resmi memiliki sistem keamanan enkripsi yang komprehensif. Sistem keamanan dapat melindungi percakapan dengan serangkaian kode kriptografi.

Baca Juga  Mengintip AR Terkini: Aplikasi dan Game Realitas!

Perlindungan ini diberikan agar tidak ada yang bisa memata-matai percakapan Anda, termasuk WhatsApp itu sendiri. Oleh karena itu, data pribadi yang terdapat dalam percakapan antar pengguna tidak dapat dicuri dan hanya diketahui oleh pengguna itu sendiri.

Sistem keamanan enkripsi end-to-end yang dijamin awalnya tersedia di WhatsApp. Namun di WA GB, ceritanya berbeda. Tidak ada jaminan bahwa sistem keamanan enkripsi end-to-end akan tersedia di WA GB.

Pada pertengahan tahun lalu, CEO WhatsApp Will Cathcart memperingatkan pengguna untuk tidak mengunduh dan menggunakan aplikasi WhatsApp Mod.

Melalui thread di akun Twitter pribadinya dengan akun @wcathcart, Cathcart menyebut WhatsApp yang dimodifikasi tidak aman dan berpotensi mencuri data pribadi pengguna.

Seperti, misalnya, di aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi bernama “Hey WhatsApp” oleh developer HeyMods.

Cathcart berkata: “Tim keamanan kami baru-baru ini menemukan malware yang tersembunyi di aplikasi seperti ‘Hey WhatsApp’. Aplikasi ini menjanjikan fitur baru tetapi sebenarnya hanya penipuan untuk mencuri informasi pribadi yang disimpan di ponsel pengguna.” kata.

Anda tidak boleh mengunduh WA GB mengingat WhatsApp dapat mencuri data percakapan pribadi Anda. Selain kemampuan untuk mencuri data pengguna, WA GB dan teman-teman serupa kemungkinan mengandung banyak risiko.

Risiko menggunakan WA GB

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, file aplikasi GB WhatsApp tidak tersedia di app store resmi. Untuk mengunduh WhatsApp GB, pengguna memerlukan akses langsung ke situs web pengembang.

Menggunakan proses download GB WhatsApp seperti ini membuat file rentan membawa malware dan spyware yang bisa mencuri data pengguna. Karena belum ada yang mengecek keutuhan file aplikasi GB WhatsApp.

Risiko menggunakan WhatsApp GB selanjutnya adalah akun Anda mungkin akan diblokir oleh WhatsApp. FYI, WhatsApp sendiri tidak pernah menyetujui pengembangan aplikasi untuk WhatsApp GB.

Baca Juga  4 Aplikasi Terjemahan Bahasa Indonesia Ke Jawa Referensi Kami

Oleh karena itu, pengguna yang tetap menggunakan GB WhatsApp dapat dihukum karena melanggar syarat dan ketentuan WhatsApp.

WhatsApp, mengutip halaman dukungan WhatsApp resminya, mengatakan bahwa akun pengguna WhatsApp yang menggunakan WhatsApp Mods seperti WhatsApp GB dapat dihukum dalam bentuk larangan akun sementara.

Meskipun ada larangan sementara, pengguna masih diberi kesempatan untuk beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Transisi ini penting untuk memastikan bahwa akun Anda tidak diblokir secara permanen oleh WhatsApp karena menggunakan WhatsApp Mods.