YouTube di Jakarta telah mengumumkan bahwa jika diunduh dan dibagikan di platform berbagi video lain, itu akan memberi tanda air atau memberi tag pada video di konten pendek platform itu.
Hal itu diumumkan Rabu ini melalui unggahan fitur baru di YouTube, seperti dikutip laman dukungan Google pada Sabtu (20 Agustus 2022).
Baca juga
Tim YouTube menulis: “Jika Anda adalah kreator yang mendownload film pendek dari YouTube Studio dan membagikannya di platform lain, konten yang didownload sekarang akan diberi watermark.”
Menurut YouTube, dengan menambahkan tanda air ke konten yang diunduh, pemirsa dapat melihat konten yang dibagikan di platform lain di YouTube Shorts.
Tim YouTube menulis, “Kami berencana untuk merilisnya ke desktop dalam beberapa minggu ke depan dan memperluas ke seluler dalam beberapa bulan ke depan.”
Mengutip The Verge, banyak platform video pendek utama saat ini mencoba memecahkan masalah berbagi lintas platform dengan cara yang berbeda.
Video TikTok yang diunduh setelah sekian lama menggunakan tanda air dan nama pengguna yang membuatnya. Ini memungkinkan pemirsa untuk dengan mudah membuka aplikasi untuk menemukan video asli.
Instagram mengatakan tahun lalu bahwa mereka tidak akan mempromosikan Reels dengan tanda air yang kompetitif. Seperti diketahui, banyak pengguna Reels yang mengunggah ulang video TikTok dari platform Instagram.
Kemudian pada bulan April, Instagram mengatakan akan mengubah algoritmenya untuk mendukung konten video pendek asli, untuk menarik pembuat konten untuk membuat konten yang didedikasikan untuk Reels.
* Apakah itu nyata atau scam? Silakan kirim WhatsApp ke Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787670 dengan memasukkan kata kunci yang diperlukan untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan.
Pada saat yang sama, YouTube juga akan meluncurkan toko online (marketplace) untuk layanan video streaming. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal.
Menurut seorang pejabat yang mengetahui informasi ini, Alphabet, perusahaan induk YouTube, sekali lagi melakukan percakapan dengan agensi hiburan mengenai partisipasi dalam platform tersebut. Secara internal, Google menyebutnya sebagai “Toko Saluran” atau “Toko Saluran”.
Platform tersebut, seperti dikutip Reuters pada Kamis, 18 Agustus 2022, telah dikembangkan selama 18 bulan dan diperkirakan akan diluncurkan pada musim gugur ini. Alphabet tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.
Peluncuran pasar yang direncanakan dapat memungkinkan YouTube untuk bergabung dengan perusahaan seperti Roku dan Apple karena lebih banyak konsumen beralih ke layanan streaming berbasis langganan daripada memilih saluran kabel atau satelit.
Roku dan Apple bekerja untuk merebut pangsa pasar streaming, yang saat ini diakses oleh banyak pelanggan.
Awal pekan ini, New York Times melaporkan bahwa YouTube memasuki pasar streaming video, serta Walmart sedang berdiskusi dengan perusahaan media tentang mengintegrasikan streaming hiburan ke dalam layanan keanggotaannya.
Sebelumnya, YouTube Go akhirnya menghilang dari Google Play Store. Sebagai catatan tambahan, Google baru-baru ini mengkonfirmasi penutupan aplikasi ini.
Versi lite dari aplikasi YouTube yang dipantau Tekno Liputan6.com pada Minggu (14/8/2022) ini sudah tidak tersedia lagi di Play Store. Namun, masih ada beberapa aplikasi YouTube di Play Store, seperti aplikasi default YouTube, YouTube Kids, YouTube Music, dan YouTube Studio.
Pada Mei 2022, Google dan YouTube mengumumkan bahwa YouTube Go akan dihentikan pada Agustus 2022. Alasan aplikasi ini disuntikkan secara fatal adalah karena platform tidak lagi diperlukan dan merupakan peningkatan besar pada aplikasi.
Google menulis: “Dibandingkan dengan YouTube Go, aplikasi YouTube asli memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan dan menawarkan fitur yang tidak tersedia di YouTube Go dan tidak memerlukan banyak hal.”
Google juga mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi YouTube asli di perangkat Android mereka atau mengakses platform melalui youtube.com melalui browser.
YouTube mengembangkan versi Go dari aplikasi berbagi video ini pada tahun 2016 atau sekitar 6 tahun yang lalu. Pada saat itu, aplikasi tersebut merupakan solusi perusahaan untuk menyediakan layanan video ke perangkat dengan spesifikasi rendah dan koneksi internet yang tidak stabil.
Tidak seperti aslinya, YouTube Go tidak memiliki beberapa fitur dari aplikasi asli platform video.
Beberapa fitur tersebut adalah kemampuan bagi pengguna untuk mengirim komentar dan mengunggah video untuk membuat konten menggunakan perangkat mereka. Padahal, semua fitur ini sangat penting untuk platform berbagi video, terutama YouTube.
Dengan pengumuman ini, perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka telah meningkatkan kinerja aplikasi YouTube, terutama untuk perangkat kelas bawah.
Ia juga mengklaim bahwa aplikasi YouTube tidak lagi membebani koneksi atau paket kuota yang digunakan penggunanya.
YouTube Go pertama kali diluncurkan di India dan Indonesia sebelum diluncurkan secara global pada tahun 2017. Pada tahun 2018, aplikasi YouTube Go diluncurkan di lebih dari 130 negara.
Baca Juga:
- https://untb.ac.id/cara-download-gb-whatsapp-mod-apk-pro/
- https://polinpdg.ac.id/cara-download-wa-gb-anti-banned-yang-ampuh/
- https://stainponorogo.ac.id/cara-ganti-emoji-gb-whatsapp-android-ke-emoji-iphone/
- https://stain-sorong.ac.id/cara-menggunakan-aplikasi-whatsapp-gb-yang-anti-blokir/
- https://stttelkom.ac.id/cara-ganti-background-gb-whatsapp-pakai-foto-sendiri/
- https://unuindonesia.ac.id/penyebab-aplikasi-wa-gb-tidak-bisa-digunakan/